Kamis, 05 Juli 2012

#2 So Early Homesick

Senin, 28 Mei 2012
Free day! Diklat baru dimulai besok pagi dan saya tidak tahu harus berbuat apa hari ini. Di daerah ini saya masih begitu buta rasanya. Dan rasanya saya ingin menangis...

Suasana sekitar kost ini begitu berbeda, sangat jauh berbeda dari kawasan kost pada umumnya. Kawasan kost pada umumnya sangat berjibun warung makan, warnet, laundry, tempat fotocopy, hingga agen pulsa yang bak jamur. Semua poin itu belum saya jumpai. Kost ini adalah hasil pencarian kedua sepupu saya dengan susah payah. Konon kata bapak kost, ini adalah satu-satunya kost putri di sini. Mafhum pula jika ternyata segala fasilitas umum yang biasa ada di kawasan kost berstatus nihil. Kampus Tazkia yang sebelumnya di kawasan Dramaga belum lama pindah ke Sentul City.

Karena sebelumnya sudah dideskripsikan oleh sepupu tentang kondisi kost ini maka dari rumah pun saya, ibu, dan bapak melakukan langkah preventif. :D Saya dibawakan alat penanak nasi listrik, membawa berbagai macam obat herbal :), biskuit, susu, panci, termos, dan beras! Juga kering tempe dan abon. Beberapa barang yang saya bawa itu sebenarnya telah terlebih dahulu melancong ke rumah Allah. Ya, beberapa barang itu adalah warisan dari bapak. Saat mengepack barang-barang itu pun tiba-tiba saya teringat saat mendapat tugas mengepack barang-barang sebelum bapak dan kakek berangkat ke tanah suci. Ya Allah, ini benar-benar mirip haji. Serba minimalis, serba serbaguna, dan kudu kreatif. Apalagi jangka waktunya yang sebulan sangat mirip dengan jangka waktu berhaji. Semoga, semoga, ini adalah pemanasan sebelum menuju tanah-Mu, ya Rabb...

Dan ternyata makan sendiri dengan menu “minimalis” bukanlah sesuatu yang dapat menentramkan hati. Rasanya hambar di lidah. Meski saya telah mengalami masa kost selama empat tahun tetapi di bumi dengan kultur yang berbeda ini saya malas sekali untuk sekedar menyuapkan sesendok nasi ke mulut. Karena hal itu saya putuskan hari Senin ini untuk berpuasa. Puasa Senin-Kamis? Atau puasa apa? Saya pun tak tahu puasa apa ini. Saya hanya ingin agar maag saya tidak kambuh karena saya membiarkan lambung kosong. Maka jalan yang saya tempuh ya puasa saja. Dan seharian ini saya hanya bermalas-malasan di atas ranjang selepas mencuci beberapa potong pakaian.

Air minum! Ah ya, persediaan air minum. Saya belum memiliki persediaan air minum. Saya pun mencari ibu kost untuk bertanya dimana saya bisa mendapatkan segalon air minum. Kata ibu kost, “Oh, kalau galon baru nanti cari di Bellanova ada tapi kalau mau isi ulang di dekat sini juga ada.” Terkejut saya, untuk mencari galon air minum saja harus ke Bellanova –mall yang berseberangan jalan dengan kampus Tazkia. “Tapi kalau mau isi ulang, pakai saja dulu galon ibu itu nggak apa-apa, tanggung cuma sebulan. Ibu ada empat galon kok...” Maka sore itu satu galon air minum telah tersedia di kamar saya. Terima kasih ibu bapak kost yang baik sekali.

Namun saya belum bisa bernafas lega. Saya kesepian. Saya ingin berbincang tetapi tidak tahu dengan siapa. Saya belum memiliki teman baru. Saya ingin segera hari esok tiba. Saya ingin segera memulai aktivitas di Kampus Tazkia. Hingga akhirnya adzan maghrib berkumandang... Satu cangkir air madu, beberapa biskuit, dan setengah mangkuk nasi dengan abon dan kering tempe. Juga satu tetes air mata... Homesick.

Tadi pagi, ibu melayangkan sebuah pesan singkat:
“Baca basmallah untuk mengawali langkah baru, selalu doa diberi kemudahan dan keberuntungan. Doa bapak dan ibu menyertai. MAN JADDA WA JADA..”
28-Mei-2012
08:50:47

Ingin sekali air mata menderas...

3 komentar:

  1. wew, ternyata masih homesick juga hehe. aku jadi keinget pas di bandung dulu. blm pnh ngekost sama sekali trus ngekost di daerah komplek perumahan. setiap pulang kerja rasanya kesepian banget. alhasil, pelampiasan jadi ke makanan, hampir setiap hari ke indomaret beli es krim hehe. kadang jd puasa senin-kamis jg biar ga bingung "hr ini mau makan apa?" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ya walau bagaimanapun keluarga adalah tempat kembali yang utama. :) itu karena kesepian aja sih.. masih adaptasi. saat mau pulang, ya berasa ga pengen pulang akhirnya. tunggu deh cerita2 berikutnya..hehe

      Hapus
    2. waah rof... memang awal2 pindah tempat tu memang berat, tapi setelah km menemukan teman akrab, maka mreka akan mnjadi penghibur ketika home sick.. aq d surabaya km d bandung,,, hmm,... jauhnya,,. dsana km kerja y? semangat ya..!

      Hapus