Minggu, 18 September 2011

Mail Box

before
Semenjak hampir setiap pekan menerima kartu pos, saya mulai memikirkan rumah untuk mereka. Setidaknya persinggahan sementara selama saya tidak berada di rumah. Jika mereka-mereka yang berada di negara dengan apresiasi terhadap dunia persuratan (filateli) sangat besar memiliki mail box di depan rumah, bagaimana dengan saya? Membuat mail box di depan surat rasanya masih tidak memungkinkan karena pegawai pos akan langsung mengetuk pintu atau menyisipkannya melalui celah-celah bawah pintu. Jadi yang terpikir hanyalah memusatkan penerimaan benda-benda pos. Selama ini saya merumahkan benda-benda pos tersebut pada kardus bekas pembungkus sepatu. :D

after
Semester lalu saya sempat membuat beberapa kotak untuk teman-teman yang bermaterialkan yellowboard, material yang sudah sangat akrab di pembelajaran kampus. Yellowboard adalah kertas karton yang lebih mirip papan, tebalnya mencapai dua milimeter. Apabila belum terbiasa, terkadang sangat susah memotongnya dan telapak tangan akan memerah. :)

Let's try!

Pola (ingat materi jaring-jaring di matematika sekolah dasar :D) yang sudah dipotong kemudian direkatkan dengan lem. Saya terbiasa memakai alteco untuk merekatkan sisi-sisinya, berhubung alteco saya tertinggal di rumah kos maka saya memohon adik agar menghibahkan lem kayunya. :D Dan hasilnya kurang rapi..:( Oh ya, lem alteco sifatnya panas dan sangat mudah kering, perlu kehati-hatian stadium tiga. :D *jangan khawatir apabila justru jari-jari anda yang terrekat, lunakkan lem dengan air sabun pekat.

Bagian dalam kotak, lapisi dengan kertas samson atau kertas yang senada dengan sampul luarnya nanti. Perlu diperhatikan bahwa lem kertas bisa digunakan tetapi kertas tidak akan tertempel dengan rapi --menggelembung pada bagian-bagian tertentu atau justru menjadi basah-- karena lem kertas cenderung mendekati zat cair. So, biasanya saya memakai lem pvac warna putih. :) Perlu dipastikan setiap sentimeter kertas telah rekat dengan permukaan yellowboard sebelum lem mengering.

Finally, lilitkan pita pada kotak tersebut sebagai pemanis. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar